Tuesday, July 30, 2019

Mark Rober Insinyur NASA jadi Youtuber Amerika Serikat

Mark Rober Youtuber

Info Mark Rober Youtuber Amerika Serikat 
Mark Rober adalah seorang insinyur Amerika yang lahir pada 11 Maret 1980, Mark Rober merupakan seorang penemu dan Youtuber. Dia dikenal karena video YouTube-nya tentang sains populer, gadget mandiri, dan ide-ide kreatif. Beberapa videonya telah beredar, termasuk kostum Halloween digital dan perangkap untuk pencuri paket yang melepaskan air mancur glitter yang sangat halus. Sebelum ke YouTube, Rober adalah seorang insinyur di NASA di mana ia menghabiskan tujuh tahun bekerja pada penjelajah Curiosity di Jet Propulsion Laboratory NASA.

Masa muda Mark Rober
Mark Rober dibesarkan di Orange County, California. Sebagai seorang anak, ia mulai bermain-main dengan teknik, termasuk membuat kacamata yang membantu menghindari air mata saat memotong bawang. Dia memperoleh gelar teknik mesin dari Universitas Brigham Young dan gelar Master dari University of Southern California.

Karier Mark Rober

1. Karier awal (NASA)

Rober bergabung dengan Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA pada tahun 2004. Dia bekerja di sana selama 9 tahun, 7 di antaranya dihabiskan bekerja di bajak Curiosity, yang sekarang berada di Mars. Dia merancang dan mengirim perangkat keras pada beberapa misi JPL, termasuk AMT, GRAIL, SMAP, dan Laboratorium Sains Mars. Saat berada di NASA, Rober adalah salah satu arsitek utama untuk "JPL Wired", yang merupakan wiki penangkap pengetahuan yang komprehensif. Ia menerbitkan studi kasus tentang penerapan teknologi wiki dalam organisasi teknologi tinggi untuk mengembangkan "Intrapedia" untuk penangkapan pengetahuan perusahaan.

2. YouTube, Digital Dudz, dan Saluran Sains

Selama berada di NASA, Rober mulai membuat video viral. Video-videonya mencakup berbagai topik, memicu ide-ide untuk pranks Hari April Mop dan mengajarkan tentang trik-trik seperti mengalahkan ruang pelarian dan membuat film primata di kebun binatang secara non-invasif. Dia menganjurkan ilmu pengetahuan, membuat video dengan ide-ide kompetisi penurunan telur dan model skala Tata Surya yang menunjukkan jarak Planet Sembilan menggunakan pesawat tanpa awak.

Video YouTube pertama Rober adalah kostum Halloween iPad-nya, yang berubah menjadi serangkaian video yang menarik perhatian signifikan dari publik dan media. Pada Halloween 2011, Rober menempatkan satu iPad di bagian depan dan satu di punggungnya, dan menciptakan ilusi melihat melalui tubuhnya dengan menghubungkan keduanya menggunakan aplikasi obrolan video FaceTime. Dia memposting video kostum "lubang menganga di torso" di YouTube dan itu menjadi viral, menerima 1,5 juta tampilan hanya dalam satu hari.

Tahun berikutnya, Rober meluncurkan Digital Dudz, sebuah perusahaan kostum Halloween online yang menggabungkan animasi aplikasi dengan desain kaos. Ini menghasilkan seperempat juta dolar dalam tiga minggu pertama operasi. Pada 2013, kostumnya telah dijahit saku ke bagian dalam untuk memegang telepon dan dibawa oleh toko-toko khusus seperti Party City. Aplikasi ini juga menerima seperempat juta unduhan. Rober memegang paten untuk integrasi aplikasi dengan pakaian dan kostum. Kostum itu juga ditampilkan di CBS News, CNN, The Jay Leno Show, Fox, Yahoo! Berita, Discovery Channel, The Today Show, GMA, dan saluran media lainnya. Rober menjual Digital Dudz pada 2013.

Pada bulan Desember 2018, Rober menjadi viral dengan video pencuri paket penipuan dengan alat rekayasa yang menyemprotkan glitter pada pencuri, menerima 25 juta tampilan hanya dalam satu hari. Alat yang direkayasa oleh Rober akan meledak berkilauan, mengeluarkan bau busuk, dan merekam pencuri selama proses. Rober kemudian menghapus dua dari lima insiden yang direkam, tidak menyadari bahwa dua dari pencuri itu sebenarnya adalah teman dari seseorang yang disewa untuk membantu menangkap pencuri paket itu.

Selain YouTube, Rober adalah pembawa acara TV sains populer di Science Channel bernama The Quick And The Curious, dan ia menyumbangkan artikel untuk Men's Health. Dia memberikan pidato TEDx yang berjudul How To Up With Ideas Good dan yang lainnya berjudul The Super Mario Effect - Menipu Otak Anda untuk Mempelajari Lebih Banyak. Dia juga telah membuat banyak penampilan di Jimmy Kimmel Live!

Kehidupan pribadi
Rober tinggal di kota Sunnyvale, California, bersama istri dan putranya. Untuk meningkatkan kesadaran tentang autisme, Rober men-tweet dukungannya untuk mereka yang menderita autisme, merujuk putranya yang memiliki kondisi tersebut. Seratus persen dari penjualan toko Teespring miliknya ke The Autism Society.

No comments:

Post a Comment