Macam Jenis Bunga TERATAI beserta Fungsi dan Manfaatnya



Teratai (Nymphaea) merupakan jenis tanaman air yang sangat populer. Di Indonesia disebut teratai, Bahasa Inggrisnya Water Lily. Bahasa teratai di Indonesia sebenarnya agak sedikit ambigu, karena tanaman lotus juga disebut teratai di Indonesia, padahal genusnya berbeda. Genus tanaman lotus adalah Nelumbo, sedangkan genus teratai ar (water lily) adalah Nymphaea.

Pada lotus atau Nelumbo, bunganya tidak tampak seperti mengapung diatas air, pada teratai air Nymphaea atau water lily bunganya mengapung. Keduanya tumbuh di air yang tenang dan membentuk rizoma pada dasar kolam atau rawa tempatnya tinggal.

Pada artikel kali ini kita akan membahas lebih jauh tentang teratai sejati, yakni water lily. Khusus teratai lotus telah dibahas di salah satu artikel, bisa dibaca langsung disini.


Tanaman teratai menjadi tanaman favorit yang dikenal di Indonesia karena teratai menghiasi kolam-kolam atau baskom dan sering dipergunakan sebagai hiasan. Bunganya terlihat sangat indah saat mengapung di permukaan air.

Tanaman ini unik, karena teratai yang tumbuh di tanah yang sangat berlumpur, warnanya akan lebih cerah. Bila ditanam di tanah yang sangat lumpur, warna bunga kultivar putih akan terlihat lebih putih dibandingkan yang ditanam di air yang kurang berlumpur. Yang ungu akan terlihat lebih ungu, merah akan terlihat lebih cerah merahnya, dan sebagainya.

Di toko online ada  7 jenis teratai water lily yang sangat laris penjualannya antara lain:

  1. Water Lily warna putih
  2. Water Lily warna merah
  3. Water Lily warna biru
  4. Water Lily warna ungu
  5. Water Lily warna pink
  6. Water Lily warna pink muda 
  7. Water Lily warna kuning 


Karena media lumpur lebih baik, pada cara tanam teratai yang kami berikan bersama paket yang dikirimkan (jika Anda membeli produk water lily), kami akan menganjurkan menggunakan tanah endapan yang dibuat sendiri, sederhananya Anda akan membuat ‘lumpur’ sendiri.

Dari sejarah asal tanaman air teratai dan lotus, keduanya diyakini berasal dari Mesir dan banyak sumber yang menyebutkan bahwa tanaman ini tumbuh liar di pinggir Sungai Nil.

Teratai sendiri, disamping perbedaan warna, ada juga perbedaan yang cukup signifikan. Mereka terbagi atas dua: night bloomer dan day bloomer.

Tipe teratai day bloomer akan mekar pada pagi hari. Ada juga satu species unik yaitu N. caerulea yang merupakan tipe day bloomer dan umurnya cuma sehari: mekar pada pagi hari dan tenggelam di bawah air pada senja.

Tipe teratai night bloomer adalah teratai yang bunganya mekar pada malam hari dan justru menguncup pada pagi hari, mekar pada malam hari, menguncup lagi pada pagi hari, dan seterusnya.

Ada kurang lebih 50 species teratai di dunia. Yang kami jual bervariasi, ada tipe day bloomer dan ada tipe night bloomer. Teratai day bloomer jauh lebih laris, mungkin karena mekarnya yang indah dapat dilihat dan diperhatikan lebih baik karena pada saat terang, dibanding yang mekar malam.



Jenis-Jenis Bunga Teratai

jenis bunga teratai ini ternyata tergolong cukup banyak karena ada sekitar lebih dari 50 spesies bunga teratai yang tersebar ke seluruh penjuru dunia, termasuk di negara Indonesia yang kita cintai ini. Berikut ini adalah beberapa jenis bunga teratai pilihan Lengkap dengan fungsi dan manfaatnya yang ada seluruh dunia :

Jenis Bunga Teratai Nymphaea Alba (Bunga Teratai Putih)
Bunga Teratai Nymphaea alba ini sering kita kenal dengan nama bunga teratai putih, white nenuphar, European white water lily, atau white water rose.

Bunga teratai jenis ini biasanya hidup di air yang tenang dengan kedalaman lebih dari 30 cm. Kelopak bunganya berwarna putih dengan benang sari berwarna kuning membuatnya tampak cantik dan menawan. Karena keindahannya inilah, bunga ini menjadi bunga teratai yang paling sukai.

Meskipun sudah tersebar di berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia, bunga teratai putih lebih sering dijumpai di seluruh bagian benua Eropa, Afrika Utara, hingga Timur Tengah.

Jenis Bunga Teratai Victoria Amazonica (Bunga Teratai Raksasa)

Bunga Teratai Victoria Amazonica ini mendapat julukan jenis bunga teratai terbesar di dunia. Julukan itu karena ukuran daun dari bunga Teratai Victoria ini bisa mencapai diameter hingga 3 meter bahkan lebih. Pada umumnya tanaman ini tumbuh di perairan tenang dengan kedalaman sekitar 8 meter. Tak jarang juga tanaman ini disebut sebagai bunga Teratai raksasa.

Dari namanya bisa kita ketahui bahwa bunga Teratai Victoria ini berasal dari sungai Amazon yang merupakan sungai terpanjang di dunia dan memang sungai Amazon sudah dikenal sebagai surga makhluk hidup raksasa, baik itu flora maupun fauna.

Jenis Bunga Teratai Nymphaea Ampla

Jenis bunga Teratai Teratai Nymphaea ampla biasanya bunga teratai jenis ini biasa tumbuh dan tersebar di wilayah benua Amerika, seperti Meksiko, Karibia, Texas, Amerika Tengah, dan juga Amerika Selatan.

Beberapa cirinya memiliki kemiripan dengan bunga Teratai jenis Nymphaea Alba (Teratai Putih) hanya saja yang membedakan adalah bentuk daunnya dan pada sisi daun bunga Teratai Nymphaea ampla berbentuk pola bergerigi lancip dan memiliki lapisan warna putih tipis yang menutupi daunnya.

Besar daun tanaman teratai Nymphaea ampla adalah sekitar 15 hingga 45 cm sedangkan pada bunganya memiliki ukuran dengan diameter kurang lebih 7 sampai 18 cm. Pada tiap kelopak bunganya tersusun membentuk oval meruncing.

Jenis Bunga Teratai Nymphaea Caerulea (Bunga Teratai Biru)

Bunga Teratai Nymphaea caerulea adalah jenis bunga teratai dengan warna khasnya yaitu biru. Namun, bunga teratai ini memiliki julukan nama yang berbeda-beda misalnya seperti Bunga Teratai Biru, Blue Lotus, Blue Egyptian Lotus, Sacred Blue Lily, Blue Water Lily, dan lain sebagainya.

Tanaman ini memiliki warna biru pada bagian bunganya. Bunga ini pada dasarnya memiliki bentuk khas ala bunga Teratai, dengan benang sari kuning yang sangat banyak dan memiliki diameter sebesar 10 hingga 15 cm.

Salah satu yang membuat bunga ini memiliki keistimewaani adalah siklus mekarnya yaitu ketika pagi hari, bunganya akan muncul ke permukaan air dan mulai bermekaran. Namun ketika menjelang sore, bunganya akan kembali menutup dan lalu tenggelam ke dalam air.

tag : 
  • Macam Bunga teratai
  • Fungsi 
  • Manfaat bunga teratai





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Macam Jenis Bunga TERATAI beserta Fungsi dan Manfaatnya"

Post a Comment