Monday, July 8, 2019

Kumpulan Software Desain Rumah untuk Arsitek Profesional


Arsitek sebagai perancang bangunan kegiatannya identik dengan menggambar. Namun bukan sembarang gambar yang dihasilkan namun gambar yang siap dibangun oleh pelaksana baik oleh mandor maupun kontraktor.

Untuk menggambar desain bangunan, arsitek di Indonesia saat ini sudah sangat jarang menggunakan mesin gambar ala zaman dahulu. Semua itu sudah tergantikan oleh software atau aplikasi desain rumah pada komputer yang lebih simple, cepat dan efektif. Aplikasi arsitek tersebut banyak sekali macamnya dan memiliki keunggulan-keunggulan masing-masing.

Para developer software berusaha melahirkan program CAD (Computer Aided Design) yang terbaik untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya seperti arsitek dalam proses mendesain rumah atau bangunan dalam bentuk 2D dan 3D maupun animasi.


Berikut ini merupakan kumpulan software aplikasi desain rumah yang sering digunakan oleh para arsitek di Indonesia dalam mewujudkan ide-idenya, simak sampai terakhir.

1. Sketch Up

Google pernah membeli hak dari perangkat lunak ini, perangkat lunak sekarang menjadi populer dan banyak digunakan oleh arsitek maupun desainer interior dalam mengerjakan proyek.

Sketch Up memungkinkan pengguna dengan cepat dan mudah membuat desain bangunan dalam bentuk 3D. Meskipun fitur yang tidak terlalu canggih seperti seperti perangkat lunak lain, namun Sketch Up disukai berkat bantuan sumber daya model 3D online yang bisa diakses secara gratis.

Dengan disediakannya Plugin pada sketchup, kini perangkat lunak ini menjadi salah satu aplikasi favorit para arsitek. Sketch Up juga bisa dipadukan dengan perender Vray yang bisa membuat hasil modeling terlihat begitu realistis dengan efek material dan pencahayaan yang mendekati asli.

Perangkat lunak ini juga merupakan yang terbaik bagi para siswa yang mencari perangkat lunak yang dapat menghasilkan desain 3 dimensi dalam waktu singkat dan untuk orang-orang baru memulai karier arsitektur mereka.

Official Site : http://www.sketchup.com/

2. Archicad

Sebuah perangkat lunak all-in-one (satu untuk semua) yang dapat digunakan dalam mengerjakan proyek-proyek 2D maupun 3D. Dapat digunakan oleh desainer pemula dan mahasiswa arsitektur.

Software ini intinya sangat user friendly (mudah dipakai). Dengan hanya satu aplikasi ini, desainer pemula dan arsitek dapat dengan mudah memaksimalkan kinerja dalam menggambar.

3. AutoCAD Architecture

AutoCAD adalah software yang paling sering digunakan oleh para arsitek profesional dalam mendesain, karena software ini sangat cocok dan mampu memenuhi kebutuhan para arsitek profesional.

Disamping itu, juga karena efisiensi dan kelebihan-kelebihan lain yang tidak dimiliki software pesaingnya. Salah satunya dalam menggambar detail yang rumit dengan akurasi yang tinggi serta terukur.

Dalam hal membuat gambar 2D yang sangat dibutuhkan kontraktor, konsultan, pengawas atau pelaksana lapangan, AutoCAD lah ahlinya. Gambar yang dihasilkan sangat teliti dan detail, sehingga bisa langsung diproduksi di lapangan.

Official Site : https://www.autodesk.com/products/autocad/

4. Revit Architecture

Perangkat lunak ini juga sangat sesuai dengan kebutuhan arsitek dan para perancang. Aplikasi ini dapat memudahkan para desainer untuk membuat desain berkualitas tinggi yang akurat.

Software ni merupakan solusi terbaik jika kita mencari fungsi dalam aplikasi yang cepat, mudah dan efisien tentunya.

Official Site : https://www.autodesk.com/products/revit/architecture

5. 3D Studio Max

3DS Max sebenarnya adalah program yang diciptakan untuk membuat modeling 3D super detail dan realistik. Meskipun fungsi utamanya bukan hanya pada bidang arsitektur, namun hasil 3D yang maksimal membuat para perancang meliriknya.

3DS Max juga merupakan salah satu software desain rumah yang paling banyak digunakan saat ini. Hal ini karena beberapa faktor seperti penggunaan platform di Microsoft Windows, dan kemampuan editing yang super lengkap untuk memenuhi kebutuhan animasi, modelling, rendering, games dan plugin untuk proses desain rumah arsitektur yang banyak.

Official Site : https://www.autodesk.com/products/3ds-max/

Nah, demikianlah 5 Kumpulan Software Desain Rumah untuk Arsitek Profesional yang populer dan sering digunakan oleh para arsitek profesional di Indonesia. Jika kamu adalah seorang arsitek yang menginginkan hasil gambar yang maksimal, kamu wajib mencoba salah satu software tersebut.

1 comment: