Beranda · News · Teknologi · Olahraga · Entertainment · Gaya Hidup · Wawasan · sitemap

Monday, July 8, 2019

Cara Cepat Belajar Sketchup untuk Profesional



Kali ini saya akan membagikan tutorial atau tips cara cepat proses modeling 3d di sketchup yang bisa dijadikan referensi dalam proses belajar sketchup untuk profesional. berikut ini tips singkatnya :

1. Gunakan Component
Jika bekerja dngan sketchup selalu buat component untuk objek yang modular, jadi lebih  gampang dimodifikasi atau diubah materialnya. Namun pastikan saat ingin membuat bentuk  yang berbeda, component nya di explode dahulu sehingga yang lain tidak kena.

Selain bentuk yang modular, kita harus membuat komponen untuk bentuk yang simetris.  Seperti model untuk atap limasan atau pintu double. Ini akan menghemat waktu Anda dalam  mengerjakan sketchup.

2. Selalu membuat grup
Supaya dapat bekerja dengan mudah dan cepat dan modeling bisa diedit dengan cepat, biasakan membuat  grup untuk masing-masing objek. Jika tidak dibuat grup, maka masing-masing bidang akan  menempel dan sulit untuk dipindahkan.


Contohnya, pisahkan model lantai dan tembok, tembok dengan jendela, atap dengan lisplank  dan lain-lainnya. Akan sangat membantu saat terjadi perubahan, jadi tinggal digeser-geser.

3. Stretching
Memanjangkan/memendekan objek bisa dilakukan dengan menyeleksi bidang terdepan dari  objek tersebut kemudian dipindahkan. Ini sangat berguna untuk memanjangkan objek yang  tidak bisa di-push/pull. Misalnya ingin memanjangkan atap limasan, maka cukup klik 2x di  bidang miring, lalu move.

4. Menggunakan Array
Sketchup secara bawaan telah memiliki fitur array, jadi saat memindahkan objek, dengan  menekan control untuk menggandakan objek, lalu setelah objek baru di taruh, ketikan "/2"  maka akan dibuat 2 objek yang jaraknya terbagi 2 dari objek yang diletakan. Atau tekan "x2"  maka akan dilakukan copy 2 kali terhadap objek tersebut.

5. Zoom All & Scene
Biasanya ada kesulitan saat pengoperasian zoom in/dan zoom out. Misalnya jika ingin mengedit view di dalam interior akan sulit mendapatkan view yang pas dengan cepat. Solusinya adalah dengan membuat scene untuk masing-masing proses pengeditan.

Gunakan shortcut zoom all dengan menekan tombol SHIFT+Z supaya dengan cepat keluar dari zoom object. Misalnya kita  terjebak view di dalam ruangan, segera gunakan zoom all daripada scroll mouse berkali-kali.

Nah, itu dia tips yang bisa saya bagikan kali ini, semoga bisa berguna bagi rekan-rekan  sekalian dan terima kasih sudah mampir di sini.

No comments:

Post a Comment