Sunday, June 9, 2019

Manfaat Bunga Kamboja jadi obat hingga makanan keripik

indonesian most viral

IndonesianMostViral - Bunga Kamboja adalah sejenis tanaman yang memiliki ciri dan keunikan sehingga menjadikan tanaman hias di sebagian rumah-rumah masyarakat di Indonesia. Diperkirakan tanaman bunga kamboja ini masuk ke Indonesia ketika masa penjajahan kolonial portugis dan belanda. Tanaman ini bisa hidup atau beradaptasi dengan mudah di berbagai macam kondisi dan cuaca khususnya daerah tropis. Bunga ini memiliki bunga dengan bau yang semerbak wangi.


Bunga Kamboja merupakan tanaman bunga-bungaan yang berbeda dengan jenis bunga yang lainnya karena tanaman ini berbentuk pohon, itu artinya memiliki bentuk dan ukuran yang lebih besar dari tanaman bunga lainya. Di Indonesia khususnya dipulau jawa, bunga ini banyak disebut sebagai bunga kuburan karena hampir disetiap pemakaman terdapat tanaman bunga ini yang sudah tumbuh besar. Jenis tanaman bunga ini memiliki daya mistis horror yang kuat di kalangan masyarakat Indonesia khususnya penduduk pedasaan di pulau jawa.

Klasifikasi Tanaman Bunga Kamboja
Nama latin kamboja adalah plumeria, dengan berbagai varietas seperti plumeria rubra, abtusa, dan alba. Klasifikasi plumeria atau kamboja adalah:
  • Kingdom: Plantae
  • Sub kingdom: Viridiplantae
  • Super divisi: Streptophyta
  •  Intra kingdom: Embryophyta
  • Divisi: Tracheophyta
  •  Kelas: Spermatophytina
  • Ordo: Magnoliopsida
  • Famili: Gentianales
  • Genus: Plumeria
  • Spesies: Plumeria sp


Sejarah Bunga Kamboja
Menurut sejarahnya bunga kamboja ditemukan oleh seorang petani dari perancis yang bernama Charles Plumier dan diberi nama latin plumeria. Walaupun namanya bunga kamboja, bunga ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan Negara kamboja. Dulunya bunga ini hanya ditemui di tempat-tempat pemakaman sebagai symbol religi. Namun sekarang sudah berubah, bunga ini banyak ditanam sebagai pelengkap tanaman pada taman dirumah-rumah masyarakat karena keindahan dan keunikannya serta baunya yang wangi.


Ciri-ciri Bunga Kamboja
Karena memiliki beberapa jenis, kita bisa mengidentifikasi bunga ini dengan melihat dan merasakan ciri-ciri yang ada pada bagian-bagian utama seperti batang, daun, bunga, buah, dan akar nya. Berikut ini adalah ciri-cirinya :
  1. Batang : Tanaman bunga kamboja mempunyai batang yang keras, bulat memanjang, memiliki beberapa cabang yang lumayan banyak, bekas daun yang gugur akan terlihat jelas, dan berwarna putih kehijau-hijauan. Selain itu, batang tanaman bunga ini bisa tumbuh dengan sangat cepat, dan memiliki kekebalan terhadap hama dan penyakit yang menyerang. Batang tanaman ini rata-rata mempunyai tinggi sekitar 1,5 – 6 meter bahkan bisa lebih tinggih tergantung dari jenis yang di tanam dan unsur hara yang ada didalam tanah tempat bunga ini ditanam.
  2. Daun : Tanaman bunga kamboja berdaun tunggal, memiliki panjang 10 hingga 25 cm bahkan bisa lebih, runcing di bagian pangkal, memiliki bagian tepi yang rata, tebal dan bentuknya yang lonjong. Daun kamboja berwarna hijau muda dan hijau tua. Selain itu, daun tanaman ini membutuhkan cahaya matahari yang cukup untuk memasak, menyimpan dan membuat cadangan makanan yang baru atau biasa kita sebut dengan proses fotosintesis.
  3. Bunga : Tanaman bunga kamboja memiliki bentuk bunga yang menyerupai terompet dan berkumpul di ujung ranting. Pada bagian dalam bunga ini ada yang berbulu dan ada yang tidak berbulu dan memiliki banyak macam warna. Tangkai pada putiknya berukuran kecil dan pendek, tumpul, dan melebar.
  4. Buah : Tanaman bunga kamboja memiliki buah berbentuk lonjong kebulatan berwarna hijau kehitaman ketika telah masak atau tua. Ukuran buah ini memiliki panjang sekitar 18 hingga 20 cm dengan lebar sekitar 1 hingga 2 cm, berongga dua, dan mempunyai biji yang banyak.
  5. Akar : Tanaman bunga kamboja mempunyai akar berjenis akar tunggang, bercabang dan berwarna coklat. Akar tanaman ini berfungi sebagai penyerap mineral dan unsur-unsur air yang ada di dalam tanah tempat ia tumbuh dengan kedalaman 1,5  hingga 2 meter bahkan bisa lebih dalam tergantung dengan tingkat pertumbuhan tanaman tersebut.

Macam-macam bunga kamboja
secara garis besar jenis bunga kamboja di kelompokkan menjadi 3 jenis yaitu :

indonesian most viral
Plumeria Bali-Whirl adalah bunga kamboja yang memiliki ciri mahkotanya yang berbentuk menumpuk.



indonesian most viral
Plumeria Acuminata adalah bunga kamboja yang memiliki ciri khusus yaitu mahkota yang berbentuk bulat yang ujungnya menggulung.



indonesian most viral
Plumeria Acutifolia adalah bunga kamboja yang paling banyak dimanfaatkan bagian-bagian tanamannya yang antara lain sebagai obat bisul dan bengkak. Bunga jenis ini memiliki bau yang paling wangi.  Karena itulah bunga jenis ini sering dipakai pada upacara-upacara keagamaan dan sering kita jumpai pada pemakaman atau kuburan yang ada di pulau jawa.

Funsgsi, Manfaat dan Kegunaan Bunga Kamboja
Sejauh ini banyak sekali manfaat yang sudah dirasakan oleh manusia yang melestarikan tanaman bunga kamboja ini, antara lain sebagai berikut :


Sebagai obat
Pada bagian bunga kamboja terdapat sejumlah senyawa berkhasiat yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan obat, yakni triterprenoid amirin, lupeol, dan fulvoplumierin. Zat-zat tersebut bersifat antipiretik yang mampu menurunkan demam, antiinflarnatif yang mampu menyembuhkan radang, dan analgesik yang berguna untuk meredakan rasa sakit. Karena kandungan-kandungan baik tersebut, bunga kamboja bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk mengurangi rasa nyeri saat haid dan mampu mencegah terjadinya pingsan akibat udara panas berlebihan atau terkena sinar matahari. Selain itu, bunga kamboja juga banyak mempunyai khasiat yang lain, yaitu bisa sebagai obat luar dan dalam, contohnya untuk pengobatan pada gigi berlubang yang cara pengobatanya dengan melumaskan getah kamboja yang sudah dioleskan pada kapas dan menutupkan pada gigi yang berlubang, tapi jangan sampai terkena gigi yang sehat. Kemudian sebagai obat dalam, contohnya digunakan sebagai obat oleh orang yang terkana penyakit disentri. Caranya dengan memasukkan 12 hingga 24 gram bunga kamboja kering lalu direbus dengan air sekitar  400cc hingga airnya menjadi 200 cc.


Sebagai makanan
Tidak disangka ternyata bunga pada tanaman bunga kamboja bisa dimakan loh. .. caranya cukup mudah yaitu hanya dengan mengambil bunganya kemudian di bumbuhi dengan adonan yang kemudian di goreng akan menjadikan makanan ringan berupa kerupuk atau keripik bunga kamboja.


Sarana Religi
Kenyataannya memang bunga kamboja ini pertama kali dikenal masyarakat sebagai tanaman kuburan yang menyeramkan karena kekuatan daya mistisnya. Karena itulah di bali bunga ini masih digunakan pada acara-acara keagamaan disana.


Penghias Taman
Bagi yang sebelumnya dikenal sebagai tanaman kuburan, masyarakat sekarang banyak yang memilih untuk dijadikan sebagai pelengkap untuk taman. Dan akhirnya kesan mistis pada tanaman bunga kamboja ini berangsur-angsur mulai pudar.

Cara menanam Bunga Kamboja
Walaupun memiliki banyak sekali manfaat bagi manusia ternyata bunga ini tidak lah terlalu sulit untuk dikembang biakkan. Caranya cukup mudah yaitu hanya dengan teknik penyetekan saja bahkan hanya dengan menanam bagian pohon atau tangkainya saja dan menunggu beberapa hari maka akan muncul pupus-pupus atau pucuk daun yang menandakan bahwa tanaman ini suksek di tanam.

Itulah informasi mengenai tanaman bunga kamboja yang bisa sampaikan selengkap-lengkapya. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan Anda tentang tanaman bunga kamboja. Nantikan artikel-artikel menarik selanjutnya ya gaeeesss. ..

tag :
kripik bunga kamboja

No comments:

Post a Comment