Tuesday, April 9, 2019

Kapal Perang Rusia Tiba Di Filipina Di Tengah Ketegangan Laut Cina Selatan



VIRAL MASA KINI - Dua kapal perusak Rusia dan sebuah kapal tanker telah merapat di Filipina untuk "kunjungan niat baik" di tengah meningkatnya ketegangan di Laut Cina Selatan yang disengketakan.

Kapal perusak Admiral Tributs dan Vinogradov - diklasifikasikan sebagai "kapal besar, anti-kapal selam" - merapat di Manila Senin pagi, bersama dengan Admiral Irkut, "kapal tanker besar," menurut Kantor Berita Filipina.

Ini adalah kedua kalinya tahun ini kapal-kapal Rusia berlabuh di Filipina. Pada awal Januari, tiga kapal angkatan laut Rusia berlabuh di ibukota Filipina untuk apa yang disebut sebagai kunjungan untuk "lebih meningkatkan dan mempertahankan promosi perdamaian, stabilitas dan kerja sama maritim ."

Kedatangan terbaru datang hanya beberapa bulan sebelum kedua negara akan menandatangani perjanjian kerja sama angkatan laut, kemungkinan pada bulan Juli, yang dilaporkan akan melibatkan lebih banyak latihan bersama dan kunjungan pelabuhan timbal balik .

Rusia dan Cina juga telah bergerak lebih dekat bersama dalam beberapa tahun terakhir, melakukan latihan militer bersama dan menandatangani kesepakatan ekonomi, dengan kedua belah pihak mengklaim hubungan berada pada "tingkat terbaik dalam sejarah".

Kunjungan Rusia hari Senin juga datang di tengah latihan bersama tahunan Balikatan antara Filipina dan AS, yang berakhir pada 12 April.


source : https://edition.cnn.com/2019/04/08/asia/russia-philippines-south-china-sea-intl/index.html

Latihan Balikatan menampilkan lebih dari 7.500 pasukan, pesawat tempur siluman F-35B dan termasuk pelatihan penembakan langsung dan operasi amfibi di antara berbagai peristiwa lainnya.

Presiden Filipina Rodrigo Duterte (4 L) berjabat tangan dengan Laksamana Muda Rusia Eduard Mikhailov (3 L) di atas kapal angkatan laut anti-kapal selam Rusia Admiral Tributs di Manila pada 6 Januari 2017.

Sementara kunjungan kapal Rusia tidak sebesar itu, hubungan Moskow yang semakin besar dengan Filipina dan kehadirannya di wilayah itu terjadi pada saat meningkatnya ketegangan di Laut Cina Selatan.

Pemerintah Filipina mengatakan ratusan kapal Tiongkok, termasuk beberapa kapal militer, telah terlihat di sekitar Pulau Thitu dalam rantai Spratly, yang dikendalikan oleh Manila tetapi diklaim oleh Beijing.

Armada Tiongkok mulai muncul di sekitar Thitu pada bulan Desember dan Januari, sekitar waktu Manila memulai konstruksi fitur maritim yang diperebutkan.

Dalam pidatonya Kamis, Presiden Filipina Rodrigo Duterte memperingatkan Beijing untuk meninggalkan Pulau Thitu sendirian, mengancam aksi militer sebagai tanggapan atas agresi Cina.

"Mari kita berteman, tetapi jangan menyentuh Pulau Pagasa dan yang lainnya," kata Duterte, menurut CNN Filipina , menggunakan kata Filipina Pagasa untuk Thitu. "Jika kamu bergerak di sana, itu cerita yang berbeda. Aku akan memberi tahu prajuritku, 'Bersiap untuk misi bunuh diri'."

China dan Filipina hanyalah dua dari banyak negara yang mengklaim sebagian besar Laut Cina Selatan, bersama dengan Vietnam, Malaysia, dan Brunei. Dalam upaya untuk memperkuat klaim mereka tentang wilayah itu, Cina telah membangun dan membuat militer pulau-pulau buatan di sepanjang jalur pelayaran penting.

Ketegangan mereda setelah Duterte mengejar hubungan ekonomi yang lebih dekat dengan Beijing. Manila juga berpaling ke Moskow untuk mendapatkan dukungan, dengan Duterte mengalihkan ikatan negaranya yang sebelumnya dekat dengan Washington.
source : https://edition.cnn.com/2019/04/08/asia/russia-philippines-south-china-sea-intl/index.html

No comments:

Post a Comment