Sunday, May 19, 2019

Jenis proyek konstruksi yang ada di indonesia


Proyek Kontruksi
konstruksi bangunan
Pada kesempatan kali ini kami ingin memberikan informasi tentang proyek konstruksi. mungkin bagi sebagian orang istilah tersebut agak asing ya?, baiklah, simak penjelasan berikut ini:


Apa itu proyek konstruksi?

Proyek Konstruksi adalah suatu rangkaian kegiatan dan proses-proses yang berkaitan dengan upaya pendirian sesuatu bangunan gedung yang mengandung unsur-unsur konstruksi, kegiatan pokok pada proyek konstruksi ini meliputi beberapa bidang yaitu bidang teknik sipil dan arsitektur, kadang juga melibatkan bidang teknik industri, mesin, elektro, geoteknik, maupun lansekap.

Apa saja jenis proyek konstruksi itu?
ada beberapa macam Proyek Konstruksi antara lain sebagai berikut :
  • Proyek Bangunan Perumahan atau Bangunan Pemukiman.
proyek konstruksi yang terfokus dalam pembangunan perumahan atau rumah biasa yang ada di perkampungan maupun perkotaan yang dilaksanakan secara serempak dengan penyediaan prasarana penunjang. pada jenis proyek ini sangat diperlukan adanya perencanaan yang baik dan matang untuk infrastruktur yang ada dalam lingkungan pemukiman tersebut seperti jalan, saluran air, saluran pembuangan, listrik dan lain-lain.


  • Konstruksi Bangunan Gedung ( Construction)
Adalah tipe proyek konstruksi yang paling banyak dikerjakan. konstruksi bangunan jenis sangat memperhatikan pada pertimbangan kekuatan dan keamanan konstruksi, yang mengadopsi pada penerapan teknologi praktis, dan pertimbangan pada peraturan yang telah disepakati bersama.
  • Proyek Konstruksi Teknik Sipil (Heavy Engineering Construction)
penjelasan konstruksi bangunan gedungmerupakan proyek konstruksi dalam bidang pembangunan infrastruktur pada suatu area (built environment). Pemilik proyek konstruksi jenis ini (owner) kebanyakan diadakan oleh pemerintah setempat baik pada tingkat nasional atau daerah. Pada proyek ini terdapat unsur-unsur penting meliputi gambar desain, keuangan dan pertimbangan-pertimbangan hukum, Contoh proyek konstruksi yang termasuk dalam tipe ini antara lain proyek pembangkit listrik, proyek jalan raya, proyek rel kereta api, proyek pembuatan bendungan, dan lain-lain. sebenarnya proyek ini lebih mengutamakan pelayanan masyarakat (public services). namun saat ini banyak sekali kasus-kasus penyalahgunaan dengan adanya proyek ini. adanya oknum-oknum aparat negara maupun swasta yang ingin mengambil keuntungan lebih besar. hal ini bisa kita lihat dari adanya kasus suap menyuap dan korupsi yang diberitakan ditelevisi maupun media sosial
Demikianlah penjelasan tentang Proyek Konstruksi beserta jenisnya yang dapat kami sampaikan, semoga menjadi informasi bermanfaat bagi anda. nantikan artikel-artikel unik selanjutnya, untuk request bisa tinggalkan jejak di kolom komentar. terimakasih sudah membaca,

No comments:

Post a Comment