Sunday, April 7, 2019

Tahukah ? Manfaat Buah Kedondong dan Cara Mengolahnya

Manfaat Buah Kedondong dan Cara Mengolahnya

medium.com

Buah Kedondong – Siapa yang tidak kenal buah kedondong, salah satu jenis buah yang sering dijadikan rujak dan manisa. Terutama unuk ibu-ibu yang suka ngidam manisan seperti rujak.

Buah kedondong ini adalah tanaman yang mudah dibudidayakan karena tanaman buah ini medah beradaptasi dengan lingkungan sekitar dan berjenis tanaman toga. Jika anda masih penasaran dengan buah kedondong, silahkan simak artikel dibawah ini.

Buah kedondong adalah jenis buah yang digolongkan kedalam keluarga mangga-manggaan. Kedondong sendiri umumnya berasal dari daerah yang beriklim tropis terutama di asia tenggara, seperti indonesia, filipina, Malaysia, Thailand, Vietnam dll.
Ciri-ciri Tanaman Buah Kedondong
  1. Tanaman ini memiliki batang yang bercabang, dengan spesifikasi warna hijau ketika masih muda, dan berwarna putih kehijauan ketika sudah tua.
  2. Buah kedondong sendiri memiliki ciri buah yang bulat dan agak memanjang, dengan warna hijau ketika masih muda dan berwarna hijau kekuningan ketika sudah tua.
  3. Pohon Kedondong biasanya memiliki tinggi sekitar 10-15 m.
  4. Daun dari pohon ini berbentuk seperti daun mangga akan tetapi lebih kecil, memiliki tulang daun yang menyirip dan memiliki panjang antar 6-10 cm.
  5. Buah kedondong juga memiliki ciri khas rasa yaitu asam yang sangat cocok untuk di jadikan manisan.

Kandungan Buah Kedondong

Buah kedondong sendiri memiliki kandungan senyawa alami seperti :
  1. Vitamin A
  2. Vitamin C
  3. Protein
  4. Karbohidrat
  5. Kalsium
  6. Zat Besi
  7. Sukrosa
  8. Kalium
  9. Fosfor
  10. Vitamin B2

Manfaat Buah Kedondong
  • Mengobati batuk 


Batuk adalah suatu refleks yang terjadi secara alami, tujuan dari batuk sendiri untuk melindungi paru-paru dan membersihkan saluran tenggorokan. Biasanya batuk ini bisa disertai dengan gejala-gejala penyakit seperti radang tenggorokan, mual, demam.
Untuk mengatasi hal tersebut kita bisa mengkonsumsi buah kedondong dan jahe merah, dengan cara sederhana. Yaitu dengan mengupas kemudian memotong buah lalu dicuci hingga bersih.
Kemudian masukkan ke dalam blender setelah itu pisahkan antara sari buah kedondong dari ampasnya. kemudian minum sari buah tersebut hingga batuk anda mereda.
  • Mencegah Penuaan Dini


Sealin itu buah kedondong ini juga bisa mencegah penuaan dini dengan kandungan alami didalamnya yaitu vitamin C. Vitamin ini selain cocok untuk obat sariawan, dia juga bisa sebagai obat pencegahan penuaan dini.
  • Mengatasi Penyakit Anemia


Anemia atau kekurangan darah juga bisa diatasi dengan memakan buah kedondong. karena buah kedondong ini memiliki banyak kandungan zat besi yang membantu dalam memproduksi sel darah merah pada tubuh anda.
  • Menjaga Kesehatan Mata


Vitamin A yang terkandung dalam senyawa alami buah kedondong ini bisa menjaga kesehatan mata anda dari penyakit mata. Agar anda bisa rutin mengkonsumsi buah kedondong anda bisa mengkonsumsinya dengan dijadikan manisan rujak.
  • Mengatasi Penyakit Diare


khasiat buah kedondong selanjutnya yaitu mengatasi penyakit diare. Penyakit diare ini umumnya disebabkan oleh pola makan yang kurang sehat.
Nah, didalam buah kedondong ini terdapat kandungan alami yang bisa mengatasi diare yaitu kandungan anti bakteri. Ini dikarenan kan buah kedondong memiliki rasa asam.
  • Mencegah Penyakit Jantung


Selain itu buah kedondong juga bisa mencegah adanya penyakit jantung. Ini didasari oleh kandungan alami buah kedondong yaitu kalium.
Perlu anda fahami setiap harinya kita membutuhkan kalium untuk mempekerjakan si jantung, sehingga jika jantung kurang asupan energi maka jantung akan membuat dirinya sakit dan infeksi.
  • Menyehatkan Sistem Pencernaan


Manfaat buah kedondong selanjutnya ialah melancarkan sistem pencernaaan. Dimana kedondong memiliki kandungan asam yang membantu dalam pembentukan cairan asam lambung secara alami. bagi anda yang memiliki penyakit asam lambung sebaiknya tidak disarankan untuk memakan buah kedondong ini. Karena ini akan berbahaya jika lambung anda bisa banya memproduksi cairan asam lambung.
  • Menyehatkan Gigi dan Tulang


Manfaat terakhir dari buah kedondong ialah menjaga kesehatan tulang dan gigi anda. Ini disebabkan senyawa alami kalsium yang terkandung dalam buah kedondong.
Hal ini sudah dibuktikan oleh para ilmuan yang meneliti akan kadar kalsium yang terkandung dalam buah kedondong, ternyata cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium kita sehari-hari.
  • Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya buah kedondong ini memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang membantu dalam mengatasi penyakit seperti sariawan, bibir pecah-pecah dll.
Rasa asam yang terdapat dalam buah kedondong juga memberikan efek pada orang yang memakannya menjadi lebih segar dan tidak kantuk.
  • Mengobati Luka Pada Kulit


Kandungan vitamin C pada kedondong selain bisa mencegah penuaan dini dan memberikan sistem kekebalan tubuh, ternyata vitamin C dalam buah kedondong ini juga bisa membantu dalam percepatan regenerasi sel.
Maka dari itu jika anda memiliki luka pada kulit baik itu luka bakar maupun infeksi. Cobalah mengkonsumsi buah kedondong tak lupa juga dmengoleskan getah buah kedondong pada are kulut anda yang terluka.

No comments:

Post a Comment